Pendampingan Pemilihan Ketua BPD Dan Pengisian Struktur Kepengurusan BPD Yang Baru Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan

LCN–Asahan | BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Periode 2013-2018 telah berakhir dan mulai disiapkan susunan organisasi yang baru maka pemerintahan desa mulai melakukan penjaringan anggota BPD yang baru untuk periode 2019-2024. Desa-desa yang telah melaksanakan sosialisasi pembentukan panitia pemilihan BPD periode 2019-2024, seperti halnya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Pulau Buaya jajaran Kodim 0208/Asahan Praka Fadli Siagian turun kewilayah binaan untuk turut serta melaksanakan Pendampingan pemilihan ketua BPD dan pengisian Struktur kepengurusan BPD yang baru dengan berakhirnya masa jabatan Ketua BPD yang lama, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Syarul Gunawan (Dinas DPMD), Bapak Ikmal Rambe (Kades), Bapak Arianto (Dinas DPMD) dan Seluruh Kepala Dusun 1 dan 6, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Balai Desa Sei Apung Jaya Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan, Jumat (14/01/2022).

Pada kesempatan tersebut Babinsa dengan menghadiri undangan Sosialiasai dan Pembentuakan Panitia Pemilihan BPD 2019-20124 di Balai Desa diwilayah binaan, Babinsa Praka Fadli Siagian mengungkapkan BPD adalah badan permusyawaratan rakyat di desa yang terdiri dari ketua RW, pemangku adat, tokoh masyarakat atau tokoh agama dan tokoh lainnya. Badan ini adalah sebagai badan permusyawaratan di desa yang merupakan wahana untuk melaksanakan demokrasi berdasarkan Pancasila, terang Babinsa Praka Fadli Siagian.

BPD dapat dianggap sebagai parlemennya desa. BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia. Beberapa desa di Kecamatan Tanjung Balai telah mengadakan kegiatan pembentukan kepanitiaan untuk pemilihan kepengurusan lembaga BPD (Badan Permusyawaratan Desa). Saat ini, Desa-desa di Kecamatan Tanjung Balai memiliki jatah untuk mengisi kursi anggota BPD yaitu Ketua, Sekretaris dan lima anggota. Dalam pembentukan kepanitiaan pemilihan BPD, pemerintahan desa mengundang Muspika Kecamatan Tanjung Balai yakni Camat atau yang mewakili, Kapolsek atau yang mewakili, Danramil atau yang mewakili, terang Babinsa Praka Fadli Siagian.

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *