Antisipasi Munculnya Klaster Keluarga, Babinsa Koramil 16/Pulo Rakyat Lakukan Sosialisasi Dan Edukasi Protokol Kesehatan Covid-19

LCN-Asahan | Ancaman penularan virus Covid-19 di keluarga (klaster keluarga) semakin meningkat. Klaster keluarga ini merupakan penularan virus dari salah satu anggota keluarga pada anggota keluarga yang lainnya. Oleh karena itu, upaya pencegahan menjadi sangat penting, dengan menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan di dalam keluarga itu sendiri. Upaya pencegahan penularan virus covid-19 (klaster keluarga) bertujuan mengurangi resiko penularan, dengan kepatuhan mengikuti anjuran Protokol kesehatan yaitu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan.

Kasus karyawan PTPN III Bandar Selamat yang baru-baru ini terjadi, dapat juga dikatakan menjadi klaster karyawan, dimana dari hasil test swab I dan ke II yang dilakukan oleh pihak perkebunan terhadap karyawan, terdapat 26 karyawan yang positif terkonfirmasi covid 19. Kondisi tersebut yang menjadi dasar bahwa klaster karyawan di perusahaan dan perkebunan menjadi evaluasi dalam upaya yang dilakukan untuk penanganan covid-19. Sebagai antisipasi terhadap masyarakat, Babinsa Koramil 16/Pulo Rakyat Kodim 0208/Asahan, Serka DA. Handoko dan Sertu Surono yang mempunyai wilayah binaan di seputaran perkebunan PTPN III Bandar Selamat melakukan upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 berupa sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat binaan yang berlokasi di desa pulo rakyat pekan dusun 1 Kecamatan Pulo Rakyat Kabupaten Asahan. Selasa (01/12/2020).

Seperti yang disampaikan oleh Bapak Serka DA. Handoko kepada media,”klaster karyawan yang terjadi di perkebunan PTPN III Bandar Selamat menjadi evaluasi bagi kami untuk semakin meningkatkan upaya dan inovasi dalam penanganan covid-19. Kesadaran dan kewaspadaan perlu ditumbuhkan ke masyarakat tentang pemahaman covid-19 melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi sehingga kejadian yang serupa tidak terjadi di kalangan keluarga karena jika salah satu anggota keluarga terpapar covid-19 besar kemungkinan anggota keluarga lainnya juga ikut tertular. Kami juga berharap kepada media agar memberikan pemberitaan yang bersifat edukasi tentang covid-19 terhadap masyarakat karena melalui media banyak informasi yang diketahui. Tentunya harapan kami sebagai pelaksana di tataran bawah untuk setiap kebijakan pemerintah dapat terlaksana dengan baik. ” jelasnya.

Sesuai harapan yang disampaikan oleh Bapak Babinsa Koramil 16/PR Serka DA. Handoko terhadap media tentang publikasi upaya penanganan covid-19 menjadi masukan kepada media untuk lebih memaksimalkan lagi pemberitaan tentang upaya penanganan covid-19 berupa edukasi melalui karya-karya jurnalistik yang dimuat baik dalam bentuk tulisan, gambar dan video.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.