Dandim 0731/Kulon Progo Berikan Penekanan Tanggap Darurat Covid-19

LCN-Kulon Progo. Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md., berikan penekanan tanggap darurat Covid-19, pilkada serentak 2021 dan kewaspadaan bencana alam kepada para Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0731/Kulon Progo, pada acara apel Danramil dan Babinsa Tersebar akhir tahun 2020, yang berlangsung di Aula Makodim. Kamis (26/11/2020).

Dandim 0731/Kulon Progo, menyampaikan bahwa realita saat ini di wilayah Kabupaten Kulon Progo muncul klaster-klaster baru dan yang paling fenomenal adalah klaster Perkantoran di Dinas Dukcapil Kulon Progo dan merupakan kasus terbesar selama ini, sehingga perlu perhatian khusus dari seluruh stakeholder termasuk Para Danramil dan Babinsa untuk mendisiplinkan warga, agar mematuhi protokol Kesehatan dan terus memaksimalkan peran Satgas Gugus Covid-19 di wilayah binaan masing-masing.

Lebih lanjut Dandim menegaskan, di era new normal tata kehidupan baru kali ini, para Danramil dan Babinsa mampu memberikan sumbangsih pemikiran, ide dan gagasan yang bermanfaat bagi kemajuan TNI AD, khususnya Kodim 0731/Kulon Progo dalam mengemban fungsi utama pembinaan teritorial di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Para Danramil dan Babinsa diharapkan mampu meningkatkan wawasan, dan kreatif dalam mengaplikasikan Binter, terlebih dalam memetakan daerah rawan konflik sosial di wilayah binaan, khususnya menghadapi penyelenggaraan Pemilihan Lurah serentak tahun 2021 mendatang, karena di tahun 2021 di wilayah Kabupaten Kulon Progo setidaknya ada 68 kalurahan yang akan menyelenggarakan Pemilihan Lurah Serentak.

Selain itu Para Danramil dan Babinsa harus mampu menguasahi tipologi wilayah yang menjadi tanggung jawabnya, terlebih saat ini di wilayah Kabupaten Kulon Progo telah mulai memasuki musim penghujan, sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam banjir dan tanah longsor, karena bencana alam terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi secara akurat, hal inilah yang membuat semua pihak harus waspada, dan siap siaga sebelumnya, kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, dalam kondisi darurat, Apkowil harus bisa mengambil peran dalam penanggulangan bencana alam, tegas Dandim. (Pendim 0731/KP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.