Doa bersama untuk Para Pahlawan Kodim 0707/Wonosobo

LCN,menyelenggarakan Doa bersama Rangka Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2020, kegiatan digelar di Musholla As Shuda Kodim yang dipimpin oleh Pelda Dahriyono. (15/12).

Sebelum acara doa bersama dimulai Kapten Arm Triyo Mardiyanto menyampaikan bahwa saat ini tanggal 15 Desember yang diperingati sebagai hari Juang Kartika TNI-AD. Dimana pada tanggal tersebut telah terjadi peristiwa Palagan Ambarawa, yaitu sebuah peristiwa perlawanan rakyat terhadap Sekutu yang terjadi di Ambarawa, sebelah selatan Semarang, Jawa Tengah. Peristiwa tersebut dikenal juga sebagai Pertempuran Ambarawa yang berlangsung sejak 12 hingga 15 Desember 1945.

Pertempuran Ambarawa dilatarbelakangi oleh NICA yang membonceng tentara Sekutu untuk kembali memasuki wilayah Indonesia. Para pasukan dengan berani mengibarkan benderanya di Kota Ambarawa pada tanggal 11 Desember 1945. Tentara Sekutu seharusnya hanya bertindak melucuti tentara Jepang di Indonesia yang telah mengalami kekalahan dalam Perang Pasifik. Namun kenyataannya membantu Belanda untuk kembali menduduki wilayah Indonesia.

Tentara Sekutu merasa berhak atas Indonesia berdasar perjanjian yang dilakukan Inggris dengan Belanda yang disebut Civil Affairs Agreement pada 24 Agustus 1945 yang mengatur pemindahan kekuasaan di Indonesia dari British Military Administration kepada NICA (Netherlands Indies Civil Administration).

Pelanggaran pihak Sekutu terhadap persetujuan yang telah disetujui oleh kedua belah pihak yaitu malah mempersenjatai para tawanan Belanda dan menimbulkan insiden bersenjata di Magelang. Juga terjadi pengeboman terhadap kampung-kampung yang berada di sekitar Ambarawa.

TKR (Tentara Keamanan Rakyat) sebagai alat pertahanan negara saat itu tidak tinggal diam dan bertempur melawan Belanda, di hampir seluruh wilayah Indonesia. Salah satu pertempuran besar saat itu terjadi di Ambarawa yang berlangsung terus-menerus selama empat hari dan berakhir di tanggal 15 Desember 1945.

Melalui kegiatan doa bersama ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya TNI dalam rangka meningkatkan kualitas perannya sebagai unsur keamanan dan pertahanan negara, yang implementasinya ditunjukkan dengan ketaatan dan kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Pendim0707

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.