Hadiri RAKOR Pembentukan P3A Oleh Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan

LCN,Batu Bara | Dalam rangka menyokong program-program memajukan Desa binaannya sekaligus menjalin silatuhrahmi dengan masyarakat agar tercipta hubungan baik TNI dgn Rakyat, Bintara Pembina Desa Koramil 04/Talawi jajaran Kodim 0208/Asahan, Sertu Harianto turut serta melaksanakan menghadiri Undangan dari desa P.Genting dalam rangka Pembentukan P3A Desa Padang Genting yang dilaksanakan di Balai Desa Padang Genting, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara, Kamis (24/09/2020).

Pada rapat ini Konsultan Pendukung Kabupaten Batu Bara mengungkapkan perkumpulan Petani Pemakai Air merupakan himpunan bagi petani pemakai air yang bersifat sosial-ekonomi, budaya, dan berwawasan lingkungan. P3A dibentuk dari, oleh, dan untuk petani pemakai air secara demokratis, yang pengurus dan anggotanya terdiri dari unsur petani pemakai air. P3A dalam satu daerah pelayanan sekunder tertentu dapat bergabung sampai terbentuk GP3A.

GP3A dalam satu daerah irigasi tertentu dapat bergabung sampai terbentuk IP3A. “Pemberdayaan P3A, GP3A, dan IP3A dilaksanakan melalui kegiatan motivasi, pelatihan, penyerahan kewenangan, fasilitasi, bimbingan teknis, pendampingan, kerjasama pengelolaan dan audit pengelolaan irigasi. Hubungan kerja antara P3A, GP3A, dan IP3A bersifat kerjasama, koordinatif, dan konsultatif yang selanjutnya diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga masing-masing menurut wilayah kerjanya” jelas Babinsa Sertu Harianto.

Lebih lanjut Babinsa mengatakan “Mengenai lembaga tradisional kepengurusan air yang sudah ada dan P3A yang sudah dibentuk pada saat berlakunya Keputusan Menteri ini tetap diakui keberadaannya dan diarahkan untuk senantiasa mendapat dukungan anggota secara demokratis, “ pungkas Babinsa Sertu Harianto.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.