Kodim 0804/Magetan Gelar Sholat Jumat Berjamaah Di Masjid At Taqwa Makodim.

LCN – Kodim 0804/Magetan menyelenggarakan sholat Jumat berjamaah di Masjid At Taqwa Makodim 0804/Magetan. Acara ini diadakan dengan tujuan memperkuat nilai-nilai keagamaan dan meningkatkan solidaritas di antara anggota Kodim 0804/Magetan dan warga setempat bertempat di Masjid At Taqwa Kodim 0804/Magetan Jalan Jenderal Sudirman No 42 Magetan, Jumat 01/03/2024.

Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Hasan Dasuki S,Sos mengatakan momen tersebut dimulai dengan persiapan yang matang, Kodim 0804/Magetan memastikan tersedianya fasilitas yang memadai, termasuk tempat ibadah yang nyaman dan aman bagi para jamaah.

Sholat Jumat berjamaah ini tidak hanya dihadiri oleh anggota Kodim, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif dari warga sipil. Hal ini mencerminkan semangat inklusivitas dan kerjasama antara unsur militer dan masyarakat dalam menciptakan kegiatan keagamaan bersama.

Dalam pelaksanaan Sholat jumat di awali dengan Khutbah Jumat oleh Ustadz Abdul Majid dari Ponpes Al Fatah Temboro memberikan pemahaman lebih dalam tentang makna dan nilai-nilai keagamaan. Ini menjadi sarana edukasi spiritual yang dapat memperkaya pemahaman agama di tengah-tengah masyarakat. Ustadz Abdul Masjid menerangkan tentang Keutamaan Bulan Sya’ban Bagi Umat Muslim

Bulan Sya’ban merupakan bulan dimana umat Islam mempersiapkan diri dan melakukan pemanasan sebelum menghadapi bulan Ramadhan. Ada banyak amalan-amalan yang bisa dilakukan dan dianjurkan di bulan Sya’ban.

Uztadz Abdul Majid dari Ponpes Al fatah Temboro mengatakan umat Islam dianjurkan memperbanyak ibadah puasa, menuntaskan hutang puasa Ramadan serta membiasakan beribadah di bulan Sya’ban ini sebagai bekal persiapan menuju bulan Ramadan.

“Diriwayatkan oleh Abu Bakar Al-Balkhi: Bulan Rajab adalah bulan menanam. Bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman dan bulan Ramadan adalah bulan memanen hasil tanaman,”ujar Ustaz Abdul Majid Khutba Jumat Masjid At Taqwa Kodim 0804 Magetan,

Syaban merupakan bulan kedelapan dalam penanggalan Hijriah. Bulan ini diapit oleh dua bulan mulia, yakni Rajab dan Ramadhan. Selain itu, bulan Syaban menjadi tempat untuk menunaikan zakat. Sebab banyak yang menunda pembayaran zakat karena ingin membayarnya di bulan Ramadan dengan anggapan pahalanya lebih besar.

“Zakat adalah kewajiban umat muslim. Jika kita tidak menunaikannya maka kita ingat di zaman khalifah Abu Bakar as-Shiddiq, banyak orang yang tidak menunaikan zakat dan itu wajib kita perangi. Maka orang yang tidak berzakat akan berdosa karena telah meninggalkan satu kewajiban. Siapapun yang melakukan zakat, maka Allah akan selalu melimpahkan rezekinya,”ujar Ustaz Abdul Majid.

Keistimewaan pada bulan Syaban juga terletak di pertengahan bulan yang disebut dengan Nisfu Syaban. Nisfu Syaban berarti hari atau malam pertengahan bulan Syaban yaitu pada tanggal 15 Syaban.

Melalui inisiatif seperti sholat Jumat berjamaah ini, Kodim 0804/Magetan tidak hanya menjadi bagian dari pertahanan keamanan wilayah, tetapi juga aktor yang berperan dalam pembangunan spiritual dan sosial masyarakat. Momen bersejarah ini memberikan inspirasi bagi masyarakat sekitar untuk terus memperkuat nilai-nilai keagamaan dan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari,”Tandasnya

 

(Orik / LCN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.