Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Hadiri Acara Germas Advokasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

LCN,Asahan | Demi menjalankan penyuluhan menuju masyarakat yang sehat dan bersih, Anggota Koramil-13/Buntu Pane jajaran Kodim 0208/Asahan, Babinsa Sertu Abdul Rohim turut serta melaksanakan kegiatan menghadiri acara Advokasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Kegiatan tersebut bertempat di Aula Balai Desa Urung Pane, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan, Rabu (30/09/2020).

Babinsa Sertu Abdul Rohim mengungkapkan bahwa Deklarasi merupakan strategi awal pencapaian program STBM, ketika semua masyarakat sadar melakukan perubahan perilaku dan sudah melakukan lima pilar STBM. Lima pilar ini diantaranya adalah tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun atau pengganti sabun, melakukan pengolahan makanan dan minuman rumah tangga, melakukan pengelolaan sampah rumah tangga, dan melakukan pengelolaan air limbah rumah tangga. Perubahan perilaku ini juga harus berkelanjutan dalam arti menjadikan budaya dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. Setelah perilaku tersebut sudah dijadikan budaya oleh setiap masyarakat maka program STBM ini baru bisa dikatakan berhasil.

Babinsa Sertu Abdul Rohim pada saat acara tersebut mengatakan “peran serta SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) juga sangat penting dalam keberlangsungan program STBM. Fungsi dan tugas dari SKPD diantaranya perumusan kebijakan pemerintahan, penyelarasan program dan kegiatan, penajaman indikator, target kinerja program dan kegiatan. STBM merupakan salah satu program yang bisa digunakan oleh desa untuk melakukan pembangunan dalam peningkatan kesehatan masyarakatnya. Kerjasama perlu diupayakan oleh semua stakeholder” ucapnta menjelaskan.

Lanjut Sertu Abdul Rohim kemudian, “bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk mencapai kondisi sanitasi total dengan mengubah perilaku higine dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dalam rangka upaya menurunkan kejadian penyakit berbasis air dan sanitasi untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yg setinggi- tingginya.” Babinsa berharap dengan diadakannya penyuluhan ini dapat menuju masyarakat yang sehat dan stop buang air besar sembarangan. Adapun instansi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut ialah Kabidkes Kab.Asahan yakni Bapak Darma Halim Siregar, Camat Setia Janji di wakili Kasi Kesra Bapak Mawardi, Kepala UPTD Puskesmas Setia Janji Bapak Purwanto Siddik S,Kep, Kepala Desa Urung Pane Bapak Misnan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Bidan Desa, Kepala Dusun I,IV dan V Desa Urung Pane.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.