Personel Koramil 08/PB Kodim 0208/Asahan Pererat Silaturahmi Dengan Perangkat Desa Melalui Giat PULDATER 

LCN,Tanjung Balai | Dalam rangka menyajikan data yang ter update/terbaru di desa binaan maka, Sertu HM Pasaribu selaku Babinsa Koramil 08/Pulau Buaya jajaran Kodim 0208/Asahan turut serta lakukan giat Pul Data Ter bersama Lurah, Kepling dan pegawai Kelurahan yang bertempat di Kantor Kelurahan Kapias Pulau Buaya, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjung Balai, Jumat (13/11/2020).

Salah satu tugas Babinsa di desa binaan adalah mendata yang meliputi Data Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial suatu wilayah. Pada kesempatan ini Sertu HM Pasaribu mengatakan “data suatu wilayah dapat berubah-ubah setiap waktu dan kapan saja, tergantung situasi dan kondisi wilayah itu sendiri. Dalam menekan penyebaran Covid-19, yang sedang merebak di wilayah Indonesia agar jangan sampai mewabah di wilayah kita ini, diperlukan data terbaru, karena data yang kami peroleh tersebut langsung kami serahkan kepada Danramil sebagai bahan laporan ke komando atas,” kata nya kepada awak media.

Sekecil apapun perubahan data akan kami laporkan, karena itu merupakan kondisi nyata dilapangan, tegas Babinsa. Disamping itu Sertu HM Pasaribu menjelaskan pengumpulan data teritorial itu sebagai upaya pencegahan konflik dan memberikan rasa aman di wilayah binaan. Tujuannya untuk mengetahui secara dini tentang perkembangan situasi dibidang Kamtibmas.

Dia menambahkan, “Secara rutin dan berkesinambungan pihaknya akan melaksanakan Puldatater dengan warga di wilayah binaan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu metode Binter TNI AD yang dilaksanakan secara teratur untuk mencapai tujuan komunikasi sosial sesuai dengan yang diharapkan,” imbuhnya. Lebih lanjut disampaikan, kegiatan Puldatater tersebut, Babinsa harus dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi, juga dapat beradaptasi serta mengatasi masalah yang sedang terjadi. “Salah satu tujuan Puldatater adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru di masyarakat. Sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran masyarakat.” Tutup Babinsa Sertu HM Pasaribu.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.