Tanamkan Cinta Tanah Air, Danramil 11/SE Kodim 0208/Asahan Beri Materi Bela Negara Bagi Masyarakat

LCN,Asahan | Terjalinnya hubungan yang baik antara TNI dengan Masyarakat dalam melaksanakan wawasan bangsa dan bela negara demi menjaga keutuhan NKRI. Inilah yang dilakukan oleh Danramil 11/Simpang Empat jajaran Kodim 0208/Asahan, Danramil Kapten Inf Endar Siregar sebagai narasumber turut serta melaksanakan kegiatan pemberian materi Bela Negara kepada masyarakat yang bertempat di Balai Desa Air Teluk Kiri, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Asahan, Kamis (26/11/2020).

Danramil Kapten Inf Endar Siregar menjelaskan pembekalan materi Bela Negara, diantaranya tentang pengertian, dasar hukum, fungsi, tujuan, dan manfaat bela negara. Dilanjutkan dengan contoh-contoh pengamalan bela negara, mulai tingkat individu, keluarga, sekolah, bermasyarakat dan bernegara. Pembekalan materi bela negara dan latihan memang sangat penting bagi masyarakat terutama pemuda-pemudi yang memasuki tahun ajaran baru, karena dengan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk mental disiplin generasi muda yang cinta tanah air, bangsa dan negara.

Dalam sesi berikutnya, Kapten Inf Endar Siregar juga membawakan materi bela negara. Dimulai dari penyampaian teori secara singkat dan dilanjutkan praktek, mulai dari gerakan ditempat hingga gerakan berpindah tempat. Gerakan yang kita latihkan disini ialah materi dasar gerakan ditempat diantaranya sikap sempurna, sikap istirahat, tata cara penghormatan, serta gerakan lain, kemudian dilanjutkan dengan gerakan berpindah tempat diantaranya haluan kanan dan haluan kiri, serta langkah biasa dan langkah tegap. “Maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan peningkatan rasa disiplin dan nasionalisme kepada masyarakat. Biasanya pemuda-pemudi setelah Covid-19, pola pikirnya berubah sehingga perlu diadakan suatu pembentukan karakter kembali” tuntas Danramil. Terpantau hadir dalam kegiatan tersebut ialah Kepala Desa Air Teluk Kiri, Babinsa, Babinkamtibmas, dan peserta masyarakat sebanyak 30 orang.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.