TNI Bantu Polri Kawal Distribusi Logistik Pilkada Purbalingga

LCN–PURBALINGGA-Tahapan Pilkada di Kabupaten Purbalingga terus bergulir, setelah beberapa tahapan telah dilalui sebelumnya, saat ini distribusi logistik primer Pilkada 2020 juga telah didistribusikan dari KPU PurbaIingga ke PPK dengan mendapat pengawalan secara ketat oleh petugas gabungan dari Kodim 0702/Purbalingga, Polres Purbalingga, Satpol PP dan Bawaslu, (5/12/2020).

Seperti diungkapkan oleh Komisioner KPU Divisi Parmas, SDM dan Kampanye, Andri Supriyanto bahwa pendistribusian telah dilakukan ke seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pendistribusian ditahap ini ditargetkan selesai dalam sehari.

“Kita hari ini targetkan selesai pendistribusian ke-18 kecamatan, dalam pelaksanaannya untuk menjamin keamanan kegiatan ini mendapat pengawalan petugas gabungan dari Kodim 0702/Purbalingga, Polres Purbalingga, Satpol PP dan Bawaslu. Logistik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purbalingga 2020 telah didistribusikan berada dalam kotak suara yang tersegel, terdapat logistik berupa surat suara, alat coblos, form C, tinta, dan form C Plano dan logistik pendukung lainnya. Setelah sampai di PPK, nantinya akan diteruskan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), dari PPS diteruskan ke Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Pada tahapan ini ditargetkan dapat selesai dalam waktu 3 hari ke depan yaitu hari ini ke PPK Senin, (7/12/2020) dari PPS ke PPS, selanjutnya Selasa (8/12/2020) dari PPS ke KPPS,” terangnya.

Di tempat terpisah saat dikonfirmasi, Ketua KPU Purbalingga, Eko Setiawan menyampaikan bahwa,” logistik Pilkada Kabupaten Purbalingga Tahun 2020 kali ini lebih banyak jumlahnya, hal ini karena pilkada berlangsung di tengah pandemi Covid-19 sehingga ada peralatan tambahan berupa alat dan sarana protokol kesehatan yang disertakan seperti kebutuhan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT) untuk panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Sejumlah PKRT yang telah didistribusikan antara lain berupa sarung tangan atau handscoon untuk pemilih, hand sanitizer, pelindung wajah atau face shield, sabun cuci tangan, tisu dan cairan disinfektan hingga alat penyemprot. Karena logistik Pilkada di masa pandemi membengkak lebih banyak jumlahnya, maka pendistribusian logistik Pilkada dilakukan lebih awal, tujuannya mengantisipasi keterlambatan dan penumpukan di gudang, hal ini juga terkait dengan cuaca sebagai pertimbangannya,” ungkapnya.

Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas, S.H.,M.Han melalui Perwira Seksi Operasi Kodim 0702/Purbalingga Kapten Arm Mindoko mengungkapkan, dalam Pilkada TNI juga turut dilibatkan yaitu dalam hal perbantuan kepada Polri.

“Tugas TNI selama Pilkada adalah melaksanakan perbantuan. Kehadiran TNI membantu Polri sesuai ketentuan yang ada sesuai amanat undang-undang, dalam hal ini kami juga mengamankan wilayah teritorial untuk mengantisipasi dan mendeteksi kemungkinan yang muncul di lapangan yang mungkin dapat mengganggu dan menyebabkan kegagalan Pilkada. Dasar hukum perbantuan TNI yaitu berdasarkan undang- undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pada pasal 7 ayat 2 huruf b angka 10 yang berbunyi “Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang”.

Selanjutnya terkait tahapan Pilkada Purbalingga Tahun 2020, anggota Kodim 0702/Purbalingga bersama Polri, Satpol PP dan Bawaslu hari ini melaksanakan pengawalan distribusi logistik Pilkada, dari pantauan kami kegiatan pendistribusian logistik pemilu telah dilaksanakan, pelaksanaannya dibagi menjadi 3 tahap, tahap pertama dimulai pukul 08.40 WIB pendistribusian untuk Kecamatan Karangjambu, Karangreja, Mrebet, Bobotsari, Kertanegara, Kejobong dan Padamara, tahap ke-2 pukul 13.10 WIB pendistribusian untuk Kecamatan Pengadegan, Karanganyar, Karangmoncol, Rembang, Bukateja dan Kemangkon selanjutnya tahap ke-3 pukul 16.15 WIB untuk Kecamatan Kaligondang, Kutasari, Bojongsari, Purbalingga dan Kalimanah, pelaksanaannya terpantau aman dan lancar, selanjutnya penjagaan secara ketat dilaksanakan oleh anggota Kodim 0702/Purbalingga bersama Polri dan unsur pengamanan lainnya di tiap-tiap PPK dilaksanakan, hal ini agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar sesuai harapan kita semua,” tegasnya.

(Satria Ferry_Pendim 0702/Purbalingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.