Hadiri Pelantikan BPD Desa Perian, Camat Montong Gading Ingatkan Peran Penting BPD 

LCN – Lombok Timur – Sebanyak 9 orang anggota BPD desa Perian kecamatan Montong Gading dilantik pada Rabu 22/09/2021.

Anggota BPD baru tersebuut akan mengemban tugas pada masa bhakti 2021-2027.

Camat Montong Gading Mursidi Yamin, S.H.S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat atas pelantikan dan pengukuhan kepada anggota BPD desa Perian.

Semoga peresmian pelantikan ini menjadi momentum awal pengabdian yang tulus anggota BPD dalam membangun desa dan wilayah masing-masing.

Lanjut Mursidi, BPD yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan secara demokratis wajib membangun kemitraan dengan kepala desa dengan terus membangun komunikasi yang harmonis dan selalu bersinergi dengan penyelenggaraan pemerintahan desa dan komponen masyarakat,”Terangnya.

Untuk itu ia menghimbau kepada anggota BPD yang baru diresmikan agar segera dan fahami undang-undang nomer 6 tahun 2014 tentang desa, permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang BPD dan peraturan lain sebagai landasan yuridis BPD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Hal yang paling penting adalah agar BPD betul-betul dan segera memahami situasi, kondisi, potensi, problematika dan aspirasi masyarakat di wilayah masing-masing dan selalu mengedepankan budaya jujur, gotong royong, kebersamaan dan keterbukaan dalam bekerja dan melayani masyarakat.

“Hubungan BPD ini dengan kepala desa adalah sebagai mitra yang strategis dalam pemerintahan desa dan harus selalu sejalan selaras saling menguatkan tidak boleh saling meniadakan terutama dalam hal menentukan arah dan kebijakan pembangunan desa,”Ungkap Mursidi.

Untuk itu BPD harus benar-benar menjadi partner pilar utama dan jembatan koordinasi kerja antara pemerintah desa dan masyarakat.

“Kita berharap semoga keberadaan BPD anggota BPD yang baru ini semakin solid dan kinerja betul-betul mantab dan betul-betul menyerap, menjalankan aspirasi masyarakat dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat, “jelasnya.

BPD tidak boleh mencari kesalahan dari kebijakan atau program kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa karena tindakan yang demikian bisa menghambat pelaksanaan pembangunan dan pelayanan.

Untuk itu Mursidi berpesan agar anggota BPD harus melaksanakan tugas secara cermat, tidak boleh bias, keputusan harus selektif, objektif dan setiap ada temuan permasalahan harus di musyawarahkan bersama melalui Musdes,”Ujarnya.

 

(Orik / LCN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *